Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Tuesday, April 17, 2018

Cara Mencuci Sayuran Agar Tetap Terjaga Nutrisinya

Cara mencuci sayuran agar tetap terjaga nutrisinya dan sehat. Mencuci sayuran agar nutrisi dalam sayuran tetap terjaga sangat mudah. Setiap orang pasti bisa melakukkannya. Akan tetapi bila kita tidak mengetahui hal ini bukan hal yang mustahil nutrisi yang ada pada sayuran akan berkurang bahkan akan hilang. Ini tentunya tidak boleh terjadi karena nutrisi pada sayuran sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.


Sayuran Hijau Pixabay

Tips mencuci sayuran agar tetap sehat adalah sebagai berikut :

1. Bersihkan

Pertama kita harus memilih sayuran yang benar-benar masih segar. Untuk sayuran daun buang bagian akarnya, kemudian telitilah setiap helai daunnya kemungkinan ada ulat atau hama lainnya. Singkirkan daun-daun yang sudah layu atau menguning.

2. Cuci

Sebelum dipotong-potong cucilah sayuran dengan air bersih, jika memungkinkan gunakan air yang mengalir. Bila tidak memungkinkan cucilah sayuran dua sampai tiga kali dengan air bersih.

3. Potong-potong

Setelah yakin bersih sayuran saatnya untuk dipotong-potong. Memotong sayuran setelah dicuci adalah tips mencuci sayuran agar tetap sehat. Cara mencuci dahulu sayuran sebelum potong untuk menghindari nutrisi pada sayuran terlarut dalam air.

Nah, inilah step-stepnya kemudian saatnya mulai mengolah sayuran sesuai masakan apa yang akan kita gunakan, misalnya menumis, gulai santan, atau sayur bening silahkan sesuai dengan pilihan masing-masing saja.

Demikianlah bunda-bunda cantik cara mencuci sayuran agar tetap sehat, semoga bermanfaat ya, ... sampai jumpa pada artikel yang akan datang.

Keluarga sehat hidup tenang hati bahagia, salam sehat untuk semua.

Tips dan trik :Cara Mencuci Sayuran Agar Tetap Terjaga Nutrisinya

4 comments:

  1. Trik paling dasar agar nutrisi sayuran tetap terjaga dengan baik, ya dicuci dengan cara seperti ini ya mba... Kalo cara nyucinya aja udah salah, yang ada kandungan nutrisinya juga ikut berkurang. Selain teknik mencuci ,cara memasak pun perlu diperhatikan juga agar nutrisinya gak berkurang atau parahnya hilang... Nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, bila tidak diperhatikan bisa-bisa yang kita konsumsi hanya sebatas kenyang saja hehe

      Delete
  2. Hal yg jarang di perhatikan ini ya mbak, padahal sangat penting mencuci sayuran dengan benar sebelum mengkonsumsinya atau mengolahnya demi kesehatan kita juga tentunya, tengkyu artikelnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebagian orang menganggap hal sepele padahal itu sangat penting, kebiasaan itu sudah sangat umum
      ok semoga bermanfaat sami-sami

      Delete