Bangek Nihan

Blog berbagi tips menarik dan beragam informasi

Monday, April 23, 2018

Cara Praktis Merebus Kacang Hijau Agar Tidak Merusak Nutrisinya Hemat Bahan Bakar Cepat Lunak

Cara Praktis Merebus Kacang Hijau Agar Tidak Merusak Nutrisinya Hemat Bahan Bakar Cepat Lunak begini loh caranya. Sebelum lanjut ke artikel kita hari ini Ummi izin menyapa dulu ya buat yang sengaja hadir maupun yang tak sengaja hadir di blog Ummi Hani hari ini.

Apakhabar sahabat Ummi? Semoga kita semua selalu sehat dan selalu dalam lindungan Allah dimanapun kita berada aamiin ya Robbal'allamiin.

Mengapa Ummi bertanya khabar mu sahabat? Hem, begini suatu hari Ummi bertemu seorang teman, beliau bertanya, "apakhabar Ummi?" Lalu Ummi menjawab, "alhamdulillah sehat."

Kemudian dia bertanya lagi, "kok kamu nggak tanya khabar aku sih?"

Ummi bilang, "kamu sudah aku lihat sehat dan dalam keadaan baik-baik saja, mengapa aku harus bertanya tentang keadaanmu?"

Kemudian dia bilang, "kamu tak ingin ya, ... sahabatmu ini sering-sering mengucapkan kalimat 'alhamdulillah'?"

Nah sejak saat itu Ummi kalau bertemu sahabat sering bertanya "hai apakhabar?" Meskipun Ummi melihat teman Ummi sedang dalam keadaan baik-baik saja.

Baiklah, semoga sapa Ummi untuk teman di dunia maya ini mendapat sambutan yang baik dan tidak membuat kehadiran sahabat di blog ini kesal karena akhirnya postingan ini menjadi panjang, tapi nggak nyambung dengan tema yang akan dibahas. Ummi mohon maaf dengan setulus-tulusnya.

Dah sekarang kita lanjut kebahasan kita yang sederhana untuk hari ini. Semoga saja bahasan sederhana ini bisa memberi manfaat bagi Ummi juga bagi yang membutuhkannya ya, bisa kita mulai yuk!



Bubur kacang hijau sudah tentu tahu-kan, yaitu bubur yang bahan utamanya kacang hijau dengan penambahan gula aren, santan kelapa, aroma, bahkan ada yang menambahkan ketan hitam, betul begitu? Tuh ada yang dengan cepat menjawab, "betul Ummi!" Hehe .... Dan yang pasti kacang hijau kaya akan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Tapi Ummi tidak sedang berbagi resep membuat bubur kacang hijau ya, mungkin kapan-kapan deh in syaa Allah.

Iya sih kacang hijau kaya nutrisi penting! Sayangnya merebus kacang hijau butuh waktu yang cukup lama untuk bisa lunak sesuai dengan yang kita inginkan. Kadang air rebusan sudah kering, tapi kacang hijau belum juga lunak. Boros bahan bakar lagi.



Hem, Ummi punya cara agar kacang hijau tidak terlalu lama proses perebusannya dan cepat lunak. Dan ada yang mungkin lebih penting, yaitu hemat bahan bakar dan tidak merusak nutrisi yang terkandung dalam kacang hijau tersebut. Mau tahu ala Ummi? Apakah gerangan? Mudah banget kok baca lagi yuk!

1. Panci tekan

Sudah tahu dong apa itu panci tekan, ya betul sekali panci tekan atau yang disebut juga presto adalah perlengkapan masak yang sangat membantu meringankan pekerjaan mengolah masakan atau perebusan masakan agar cepat lunak, seperti : daging dan kacang hijau. Nah konon banyak yang mengatakan "jangankan kacang hijau, tulang ikan dan tulang ayam pun bisa lunak momsis."



• Cara merebus kacang hijau dengan panci tekan atau presto :

Masukkan kacang hijau yang sudah dicuci bersih beri air secukupnya. Tutup rapat panci presto. Tunggu hingga mendidih dan mengeluarkan suara mendesis, setelah 3 sampai lima menit matikan kompor. Hati-hati jangan langsung membuka tutup panci presto ini sangat berbahaya.!!! Ingat ya!!! Tunggu sampai suara mendesis hilang dan pastikan benar-benar sudah hilang desisnya baru buka tutup panci presto. Saatnya menambahkan santan, gula dan tambahan lain yang diinginkan. Mudah ya tidak sampai 20 menit bubur kacang hijau kita sudah siap di santap.

Ummi saya tidak punya panci tekan atau presto tuh, gimana dong?

2. Merendam dalam air panas

Nah semoga ini menjadi solusi bagi yang belum sempat punya panci tekan, atau malas mendengar suara desis yang dihasilkan dari presto. Ada juga loh yang begitu, tidak suka dengan suara desisan yang dihasilkan oleh si presto. Ok coba cara ini. Cara ini sangat menguntungkan selain cepat lunak juga bisa menghemat bahan bakar sekaligus ini yang terpenting nutrisi dari kacang hijau bisa lebih terjaga karena tidak terlalu lama proses pemanasannya di atas api. Gimana? Percaya nggak? Tidak percaya pun tidak apa toh Ummi tidak memaksa kok. Santai saja ayo kita lanjutkan!

• Cara melunakan kacang hijau tanpa presto, yaitu :

Rebus air panas secukupnya. Setelah mendidih matikan kompor. Masukkan kacang hijau yang sudah dicuci bersih. Tutup rapat panci. Setelah 10 sampai 15 menit kacang hijau mulai merekah. Rebus hingga mendidih tidak sampai lima menit kacang hijau sudah lunak. Ya sudah kamu tinggal tambahkan gula dan santan atau bahan lainnya.

Cara ini bisa menghemat bahan bakar dan bisa menghindari air rebusan sampai kering serta mampu mengurangi kerusakan nutrisi dari kacang hijau karena tidak terlalu lama pemanasan di atas tungku atau kompor.

Sekarang kamu tinggal pilih mau menggunakan cara yang mana? It's up to you friends, make your choice you prefer more okay, ... aku yakin kamu pasti lebih tahu yang terbaik untukmu.

Demikianlah share Ummi Hani hari ini hanyalah hal sederhana yang mungkin bisa berguna untuk Ummi sendiri maupun untuk yang membutuhkannya, mungkin saja positive thinking itu penting agar semangat untuk berbagi walau hal sederhana tidak menjadi hilang.

Selamat pagi! Selamat beraktifitas!
Good luck to you too for me.

Tips dan trik : Cara Praktis Merebus Kacang Hijau Agar Tidak Merusak Nutrisinya Cepat Lunak Hemat Bahan Bakar

15 comments:

  1. bagus kalau rendam dalam air panas dulu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara merendam dulu kacang hijau di air panas memang sangat menguntungkan dan solusi bagi yang ingin berhemat bahan bakar kalau belum punya presto

      Delete
  2. Alhamdulilah sehat, umi gimana apa kabar? 😊

    Justru basa basi itulah yg kadang bisa membuat kita menjadi lebih akrab, yg komenpun jadi gk mrrasa canggung karna ...

    Wah, adminya ternyata ramah... Hehe...

    Untuk artikelnya, tengs telah berbagi. Kalo aku sih pilih cara yg kedua, soale gk punya panci presto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah sehat 😊

      Wah akhirnya kita sama-sama mengucapkan "alhamdulillah" semoga lisan terbiasa dengan kalimat toyibah

      Semoga silaturahmi tetap terjaga walau hanya sebatas saling komentar di kolom blog
      ya

      Ya, meskipun Ummi punya panci presto lebih sering merebus kacang hijau dengan merendamnya dulu di dalam air panas, karena Ummi merasa yakin cara ini lebih sehat bisa mengurangi kerusakan nutrisi kacang hijau

      yaps sama-sama semoga bermanfaat

      Delete
  3. waduh di dapur tidak punya panci tekan kayak di atas
    kayaknya tips dengan direndam air panas saja lebih mak nyus

    Kacang ijo kalau terlalu lama digodok bisa hancur berkeping-keping menjadi bubur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dengan cara merendamnya dulu dengan air panas kalau sudah mulai memuai baru rebus kembali

      Delete
  4. Alhamdulillah, kabar selalu baik, ummi sendiri bagaimana kabarnya? Semoga selalu dalam keadaan sehat yaa...

    Keren nih tips nya, kebetulan saya suka sekali bubur kacang hijau, nanti kalau istri masak lagi bisa terapkan cara ini. Makasih ummi sudah berbagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik dan sehat

      isterinya pasti lebih pandai dong
      ya sama-sama kembali kasih

      Delete
  5. Hehe.. blm pernh rendam kacang ijo, tahunya cuma mkn bubur dan goreng kacang ijo..

    Panci tekan, kirain pancinya ditekan, ternyata presto

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah begitulah umumnya hehe
      panci tekan atau presto memang panci yang mempunyai tekanan setelah dipanaskan

      Delete
  6. Hidup ini memang harus basa-basi. Dan itu memang perlu. Halo apakabar? Sehatkah hari ini? walau kita tahu, yang kita tanya benar-benar lagi sehat? jika ragu, cukup bertanya, apa kabar?
    Sebenarnya intinya merebus kacang hijau itu, gula dan santannya paling belakang. Jangan dicampur saat pertama kali masak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya basa basi kadang dianggap perlu tergantung momentnya,
      yang paling sering menanyakan khabar

      Betul, kalau kita menambahkan gula sebelum kacang hijau lunak, bisa-bisa kacang hijau jadi lebih sukar lunak loh

      Delete
  7. oh tak terfikirlah pula nak rendam dengan air panas. biasa guna air biasa saja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. merendam dengan air panas lebih singkat waktunya dibandingkan merendam kacang hijau dengan air dingin

      Delete
  8. Baru tahu lho umi caranya seperti itu.. Nice share ummi tingal tak praktekan di rumah hehe

    ReplyDelete